Pengertian Sistem
Komputer
Semoga paper ini dapat memberikan informasi bagi yang membacanya dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Sistem Komputer adalah
sistem yang dibangun dan dijalankan dengan menggunakan komputer sebagai alat
bantunya. Elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk
melaksanakan pengolahan data untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan
perangkat komputer. Elemen-elemen yang saling berhubungan tersebut adalah:
Komputer sendiri
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang
tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan
kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh
alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu saya mencoba membahasnya dalam
bentuk paper dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer,
tapi saya mencoba menulis
paper dengan judul Pengertian Sistem Komputer
yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja
Sistem awalnya
adalah dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu
kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan
untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model
matematika seringkali bisa dibuat.
Teteapi bisa juga di artikan sekumpulan
obyek yang tergabung dalam suatu interaksi dan inter-dependensi yang teratur.
Sistem dibedakan menjadi
dua tipe yaitu sistem
diskrit dan sistem kontinu.
Sedangkan pengertian sistem menurut sejumlah
para ahli adalah :
1.
L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2.
John Mc Manama
3.
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang
tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu
kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan
efesien.
4.
C.W. Churchman.
5.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang
dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
6.
J.C. Hinggins
Menurutnya sistem
adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau
rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa
sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi
keseluruhan.
6. Jerry FithGerald
Menurutnya sistem adalah suatu jaringan kerja
dari prosedur-prosedur yang
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Sistem juga merupakan
kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah
serta memiliki item-item penggerak tertentu, contoh umum misalnya seperti
negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain
seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana
yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata sistem banyak
sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun
dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang
pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum,
sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Sistem memiliki beberapa komonen-komponen
Komponen system diantarannya :
• Entitas – objek yang sedang diamati
dari sistem
• Atribut – identitas dari entitas
• Aktivitas – suatu masa yang mewakili
proses suatu entitas
• Status – kumpulan variabel yg dibutuhkan
untuk
menggambarkan sistem
• Kejadian – Kejadian yg mengubah status
system
Komputer adalah
suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan sebelumnya. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Atau secara umum, komputer
adalah piranti elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang
terintegrasi yang bekerja dan melaksanakan suatu tugas berdasarkan data
matematika dan logika. Komponen dan bagian-bagian utama dari komputer meliputi
keyboard untuk memasukkan perintah, monitor untuk melihat proses hasil tugas,
dan CPU atau central processing unit sebagai otak yang mengkoordinasikan
berbagai instruksi dan hasil kerja.
Istilah komputer
mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer
(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon).
Menurut beberapa para
ahli, komputer adalah :
Menurut Blissmer
(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa
tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang
diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut
Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih
banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut
terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan
informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan
nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP).
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat
berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Selain itu juga ada
beberapa bagian lainnya dari komputer yang berfungsi sebagai pendukung dan pelengkap,
seperti mouse dan printer. Mouse berfungsi untuk mempermudah proses mengerjakan
perintah melalui cursor atau pointer yang dapat digerakkan dan meloncat,
sedangkan printer digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan komputer melalui
kertas.
Beberapa sejarah
singkat tentang komputer adalah sebagai berikut.
Generasi Pertama
Dengan terjadinya
Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki
komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga
membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak
Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus
untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus
tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua
alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan
mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha
membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung
baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik
dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut
bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut
berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi Kedua
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai
digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini
adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an,
mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Generasi Ketiga
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan
pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Seiring dengan
menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Dari dua definisi
diatas maka dapat di definisikan Sistem komputeradalah suatu jaringan elektronik
yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas
tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan outputdalam bentuk informasi). Selain
itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan
suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat
membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti:
pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Tujuan pokok dari
sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga
perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan
komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Atau sistem komputer
adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras (hardware). Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri,
perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan
proses tertentu, brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer, dan set instruksi adalah perintah.
Elemen dari sistem
komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set
instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu
dari dua lainnya (software danbrainware).
Ketiga elemen sistem
komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa
benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika
tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua
lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah
apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
System komputer erat dikaitkan dengan hardware
saja, padahal system komputer juga mempelajari tentang pemrograman meskipun
sedikit.
Pada awalnya semua
operasi pada sebuah sistem komputer ditangani oleh hanya seorang pengguna.
Sehingga semua pengaturan terhadap perangkat keras maupun perangkat lunak
dilakukan oleh pengguna tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya Sistem
Operasi pada sebuah sistem komputer, pengaturan ini pun diserahkan kepada
Sistem Operasi tersebut. Segala macam manajemen sumber daya diatur oleh Sistem
Operasi.
Pengaturan perangkat
keras dan perangkat lunak ini berkaitan erat dengan proteksi dari perangkat
keras maupun perangkat lunak itu sendiri. Sehingga, apabila dahulu segala macam
proteksi terhadap perangkat keras dan perangkat lunak agar sistem dapat
berjalan stabil dilakukan langsung oleh pengguna maka sekarang Sistem
Operasi-lah yang banyak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Sistem Operasi
harus dapat mengatur penggunaan segala macam sumber daya perangkat keras yang
dibutuhkan oleh sistem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Seiring dengan maraknya berbagi sumberdaya yang terjadi pada sebuah sistem,
maka Sistem Operasi harus dapat secara pintar mengatur mana yang harus
didahulukan. Hal ini dikarenakan, apabila pengaturan ini tidak dapat berjalan lancar
maka dapat dipastikan akan terjadi kegagalan proteksi perangkat keras.
Dengan hadirnya
multiprogramming yang memungkinkan adanya utilisasi beberapa program di memori
pada saat bersamaan, maka utilisasi dapat ditingkatkan dengan penggunaan
sumberdaya secara bersamaan tersebut, akan tetapi di sisi lain akan menimbulkan
masalah karena sebenarnya hanya ada satu program yang dapat berjalan pada
satuan waktu yang sama. Akan banyak proses yang terpengaruh hanya akibat adanya
gangguan pada satu program.
Sebagai contoh saja
apabila sebuah harddisk menjadi sebuah sumberdaya yang dibutuhkan oleh berbagai
macam program yang dijalankan, maka bisa-bisa terjadi kerusakan harddisk akibat
suhu yang terlalu panas akibat terjadinya sebuah situasi kemacetan penggunaan sumber
daya secara bersamaan akibat begitu banyak program yang mengirimkan request
akan penggunaan harddisk tersebut.
Di sinilah proteksi
perangkat keras berperan. Sistem Operasi yang baik harus menyediakan proteksi
yang maksimal, sehingga apabila ada satu program yang tidak bekerja maka tidak
akan menggangu kinerja Sistem Operasi tersebut maupun program-program yang
sedang berjalan lainnya.
Selain itu, pada
operasi system computer, Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan
sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan
akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas
sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara
konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer
yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device
yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus
utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .
Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang
berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat
sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara
tak langsung juga
mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan
oleh sebuah bus controller atau
dikenal sebagai bus master . Bus master akan
mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari
satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini
disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan
nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah
program sederhana yang disimpan dalam ROM yang berbentuk chip CMOS
(Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus
dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS
(Basic Input Output System) . Bootstrap program utama, yang biasanya terletak
di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan
inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware
. Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem
operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi. Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt
dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu
signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan
system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software
karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini
juga sering disebut sebagai exception . Setiap interrupt terjadi, sekumpulan
kode yang dikenal sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan
tindakan yang akan diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan,
dapat dilakukan dengan dua cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa
satu demi satu perangkat yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan
cara menggunakan alamatalamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal
sebagai interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector
setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk
menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini
disimpan di tempat tertentu yang tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat
itu disimpan di stack bersama-sama dengan informasi state saat itu.
Sistem Komputer adalah elemen-elemen
yang terkait untuk menjalankansuatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat
lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras
(hardware). Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak
bias terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan
masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk
mencegahnya sebuahmemory controller ditambahkan untuk sinkronisasi
akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah
bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan
memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya
ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga
Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Semoga paper ini dapat memberikan informasi bagi yang membacanya dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Sistem Komputer adalah
sistem yang dibangun dan dijalankan dengan menggunakan komputer sebagai alat
bantunya. Elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk
melaksanakan pengolahan data untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan
perangkat komputer. Elemen-elemen yang saling berhubungan tersebut adalah:
Komputer sendiri
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang
tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan
kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh
alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu saya mencoba membahasnya dalam
bentuk paper dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer,
tapi saya mencoba menulis
paper dengan judul Pengertian Sistem Komputer
yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja
Sistem awalnya
adalah dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu
kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan
untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model
matematika seringkali bisa dibuat.
Teteapi bisa juga di artikan sekumpulan
obyek yang tergabung dalam suatu interaksi dan inter-dependensi yang teratur.
Sistem dibedakan menjadi
dua tipe yaitu sistem
diskrit dan sistem kontinu.
Sedangkan pengertian sistem menurut sejumlah
para ahli adalah :
1.
L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2.
John Mc Manama
3.
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang
tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu
kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan
efesien.
4.
C.W. Churchman.
5.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang
dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
6.
J.C. Hinggins
Menurutnya sistem
adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau
rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa
sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi
keseluruhan.
6. Jerry FithGerald
Menurutnya sistem adalah suatu jaringan kerja
dari prosedur-prosedur yang
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Sistem juga merupakan
kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah
serta memiliki item-item penggerak tertentu, contoh umum misalnya seperti
negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain
seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana
yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata sistem banyak
sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun
dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang
pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum,
sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Sistem memiliki beberapa komonen-komponen
Komponen system diantarannya :
• Entitas – objek yang sedang diamati
dari sistem
• Atribut – identitas dari entitas
• Aktivitas – suatu masa yang mewakili
proses suatu entitas
• Status – kumpulan variabel yg dibutuhkan
untuk
menggambarkan sistem
• Kejadian – Kejadian yg mengubah status
system
Komputer adalah
suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan sebelumnya. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Atau secara umum, komputer
adalah piranti elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang
terintegrasi yang bekerja dan melaksanakan suatu tugas berdasarkan data
matematika dan logika. Komponen dan bagian-bagian utama dari komputer meliputi
keyboard untuk memasukkan perintah, monitor untuk melihat proses hasil tugas,
dan CPU atau central processing unit sebagai otak yang mengkoordinasikan
berbagai instruksi dan hasil kerja.
Istilah komputer
mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer
(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon).
Menurut beberapa para
ahli, komputer adalah :
Menurut Blissmer
(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa
tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang
diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut
Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih
banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut
terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan
informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan
nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP).
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat
berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Selain itu juga ada
beberapa bagian lainnya dari komputer yang berfungsi sebagai pendukung dan pelengkap,
seperti mouse dan printer. Mouse berfungsi untuk mempermudah proses mengerjakan
perintah melalui cursor atau pointer yang dapat digerakkan dan meloncat,
sedangkan printer digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan komputer melalui
kertas.
Beberapa sejarah
singkat tentang komputer adalah sebagai berikut.
Generasi Pertama
Dengan terjadinya
Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki
komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga
membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak
Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus
untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus
tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua
alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan
mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha
membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung
baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik
dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut
bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut
berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi Kedua
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai
digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini
adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an,
mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Generasi Ketiga
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan
pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Seiring dengan
menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Dari dua definisi
diatas maka dapat di definisikan Sistem komputeradalah suatu jaringan elektronik
yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas
tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan outputdalam bentuk informasi). Selain
itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan
suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat
membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti:
pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Tujuan pokok dari
sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga
perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan
komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Atau sistem komputer
adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras (hardware). Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri,
perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan
proses tertentu, brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer, dan set instruksi adalah perintah.
Elemen dari sistem
komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set
instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu
dari dua lainnya (software danbrainware).
Ketiga elemen sistem
komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa
benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika
tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua
lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah
apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
System komputer erat dikaitkan dengan hardware
saja, padahal system komputer juga mempelajari tentang pemrograman meskipun
sedikit.
Pada awalnya semua
operasi pada sebuah sistem komputer ditangani oleh hanya seorang pengguna.
Sehingga semua pengaturan terhadap perangkat keras maupun perangkat lunak
dilakukan oleh pengguna tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya Sistem
Operasi pada sebuah sistem komputer, pengaturan ini pun diserahkan kepada
Sistem Operasi tersebut. Segala macam manajemen sumber daya diatur oleh Sistem
Operasi.
Pengaturan perangkat
keras dan perangkat lunak ini berkaitan erat dengan proteksi dari perangkat
keras maupun perangkat lunak itu sendiri. Sehingga, apabila dahulu segala macam
proteksi terhadap perangkat keras dan perangkat lunak agar sistem dapat
berjalan stabil dilakukan langsung oleh pengguna maka sekarang Sistem
Operasi-lah yang banyak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Sistem Operasi
harus dapat mengatur penggunaan segala macam sumber daya perangkat keras yang
dibutuhkan oleh sistem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Seiring dengan maraknya berbagi sumberdaya yang terjadi pada sebuah sistem,
maka Sistem Operasi harus dapat secara pintar mengatur mana yang harus
didahulukan. Hal ini dikarenakan, apabila pengaturan ini tidak dapat berjalan lancar
maka dapat dipastikan akan terjadi kegagalan proteksi perangkat keras.
Dengan hadirnya
multiprogramming yang memungkinkan adanya utilisasi beberapa program di memori
pada saat bersamaan, maka utilisasi dapat ditingkatkan dengan penggunaan
sumberdaya secara bersamaan tersebut, akan tetapi di sisi lain akan menimbulkan
masalah karena sebenarnya hanya ada satu program yang dapat berjalan pada
satuan waktu yang sama. Akan banyak proses yang terpengaruh hanya akibat adanya
gangguan pada satu program.
Sebagai contoh saja
apabila sebuah harddisk menjadi sebuah sumberdaya yang dibutuhkan oleh berbagai
macam program yang dijalankan, maka bisa-bisa terjadi kerusakan harddisk akibat
suhu yang terlalu panas akibat terjadinya sebuah situasi kemacetan penggunaan sumber
daya secara bersamaan akibat begitu banyak program yang mengirimkan request
akan penggunaan harddisk tersebut.
Di sinilah proteksi
perangkat keras berperan. Sistem Operasi yang baik harus menyediakan proteksi
yang maksimal, sehingga apabila ada satu program yang tidak bekerja maka tidak
akan menggangu kinerja Sistem Operasi tersebut maupun program-program yang
sedang berjalan lainnya.
Selain itu, pada
operasi system computer, Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan
sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan
akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas
sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara
konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer
yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device
yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus
utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .
Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang
berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat
sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara
tak langsung juga
mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan
oleh sebuah bus controller atau
dikenal sebagai bus master . Bus master akan
mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari
satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini
disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan
nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah
program sederhana yang disimpan dalam ROM yang berbentuk chip CMOS
(Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus
dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS
(Basic Input Output System) . Bootstrap program utama, yang biasanya terletak
di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan
inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware
. Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem
operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi. Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt
dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu
signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan
system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software
karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini
juga sering disebut sebagai exception . Setiap interrupt terjadi, sekumpulan
kode yang dikenal sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan
tindakan yang akan diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan,
dapat dilakukan dengan dua cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa
satu demi satu perangkat yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan
cara menggunakan alamatalamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal
sebagai interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector
setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk
menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini
disimpan di tempat tertentu yang tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat
itu disimpan di stack bersama-sama dengan informasi state saat itu.
Sistem Komputer adalah elemen-elemen
yang terkait untuk menjalankansuatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat
lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras
(hardware). Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak
bias terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan
masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk
mencegahnya sebuahmemory controller ditambahkan untuk sinkronisasi
akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah
bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan
memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya
ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga
Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Semoga paper ini dapat memberikan informasi bagi yang membacanya dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Sistem Komputer adalah
sistem yang dibangun dan dijalankan dengan menggunakan komputer sebagai alat
bantunya. Elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk
melaksanakan pengolahan data untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan
perangkat komputer. Elemen-elemen yang saling berhubungan tersebut adalah:
Komputer sendiri
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin
berkembang dan masih akan terus berkembang
tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan
kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh
alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu saya mencoba membahasnya dalam
bentuk paper dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer,
tapi saya mencoba menulis
paper dengan judul Pengertian Sistem Komputer
yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja
Sistem awalnya
adalah dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu
kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan
untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model
matematika seringkali bisa dibuat.
Teteapi bisa juga di artikan sekumpulan
obyek yang tergabung dalam suatu interaksi dan inter-dependensi yang teratur.
Sistem dibedakan menjadi
dua tipe yaitu sistem
diskrit dan sistem kontinu.
Sedangkan pengertian sistem menurut sejumlah
para ahli adalah :
1.
L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2.
John Mc Manama
3.
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang
tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu
kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan
efesien.
4.
C.W. Churchman.
5.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang
dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
6.
J.C. Hinggins
Menurutnya sistem
adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau
rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa
sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi
keseluruhan.
6. Jerry FithGerald
Menurutnya sistem adalah suatu jaringan kerja
dari prosedur-prosedur yang
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Sistem juga merupakan
kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah
serta memiliki item-item penggerak tertentu, contoh umum misalnya seperti
negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain
seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana
yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata sistem banyak
sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun
dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang
pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum,
sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Sistem memiliki beberapa komonen-komponen
Komponen system diantarannya :
• Entitas – objek yang sedang diamati
dari sistem
• Atribut – identitas dari entitas
• Aktivitas – suatu masa yang mewakili
proses suatu entitas
• Status – kumpulan variabel yg dibutuhkan
untuk
menggambarkan sistem
• Kejadian – Kejadian yg mengubah status
system
Komputer adalah
suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan sebelumnya. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Atau secara umum, komputer
adalah piranti elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang
terintegrasi yang bekerja dan melaksanakan suatu tugas berdasarkan data
matematika dan logika. Komponen dan bagian-bagian utama dari komputer meliputi
keyboard untuk memasukkan perintah, monitor untuk melihat proses hasil tugas,
dan CPU atau central processing unit sebagai otak yang mengkoordinasikan
berbagai instruksi dan hasil kerja.
Istilah komputer
mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer
(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon).
Menurut beberapa para
ahli, komputer adalah :
Menurut Blissmer
(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa
tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang
diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut
Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih
banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut
terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan
informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan
nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP).
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat
berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Selain itu juga ada
beberapa bagian lainnya dari komputer yang berfungsi sebagai pendukung dan pelengkap,
seperti mouse dan printer. Mouse berfungsi untuk mempermudah proses mengerjakan
perintah melalui cursor atau pointer yang dapat digerakkan dan meloncat,
sedangkan printer digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan komputer melalui
kertas.
Beberapa sejarah
singkat tentang komputer adalah sebagai berikut.
Generasi Pertama
Dengan terjadinya
Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki
komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga
membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak
Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus
untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus
tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua
alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan
mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha
membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung
baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik
dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut
bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut
berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi Kedua
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai
digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini
adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an,
mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Generasi Ketiga
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan
pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Seiring dengan
menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Dari dua definisi
diatas maka dapat di definisikan Sistem komputeradalah suatu jaringan elektronik
yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas
tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan outputdalam bentuk informasi). Selain
itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan
suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat
membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti:
pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Tujuan pokok dari
sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga
perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan
komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Atau sistem komputer
adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras (hardware). Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri,
perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan
proses tertentu, brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer, dan set instruksi adalah perintah.
Elemen dari sistem
komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set
instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu
dari dua lainnya (software danbrainware).
Ketiga elemen sistem
komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa
benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika
tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua
lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah
apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
System komputer erat dikaitkan dengan hardware
saja, padahal system komputer juga mempelajari tentang pemrograman meskipun
sedikit.
Pada awalnya semua
operasi pada sebuah sistem komputer ditangani oleh hanya seorang pengguna.
Sehingga semua pengaturan terhadap perangkat keras maupun perangkat lunak
dilakukan oleh pengguna tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya Sistem
Operasi pada sebuah sistem komputer, pengaturan ini pun diserahkan kepada
Sistem Operasi tersebut. Segala macam manajemen sumber daya diatur oleh Sistem
Operasi.
Pengaturan perangkat
keras dan perangkat lunak ini berkaitan erat dengan proteksi dari perangkat
keras maupun perangkat lunak itu sendiri. Sehingga, apabila dahulu segala macam
proteksi terhadap perangkat keras dan perangkat lunak agar sistem dapat
berjalan stabil dilakukan langsung oleh pengguna maka sekarang Sistem
Operasi-lah yang banyak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Sistem Operasi
harus dapat mengatur penggunaan segala macam sumber daya perangkat keras yang
dibutuhkan oleh sistem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Seiring dengan maraknya berbagi sumberdaya yang terjadi pada sebuah sistem,
maka Sistem Operasi harus dapat secara pintar mengatur mana yang harus
didahulukan. Hal ini dikarenakan, apabila pengaturan ini tidak dapat berjalan lancar
maka dapat dipastikan akan terjadi kegagalan proteksi perangkat keras.
Dengan hadirnya
multiprogramming yang memungkinkan adanya utilisasi beberapa program di memori
pada saat bersamaan, maka utilisasi dapat ditingkatkan dengan penggunaan
sumberdaya secara bersamaan tersebut, akan tetapi di sisi lain akan menimbulkan
masalah karena sebenarnya hanya ada satu program yang dapat berjalan pada
satuan waktu yang sama. Akan banyak proses yang terpengaruh hanya akibat adanya
gangguan pada satu program.
Sebagai contoh saja
apabila sebuah harddisk menjadi sebuah sumberdaya yang dibutuhkan oleh berbagai
macam program yang dijalankan, maka bisa-bisa terjadi kerusakan harddisk akibat
suhu yang terlalu panas akibat terjadinya sebuah situasi kemacetan penggunaan sumber
daya secara bersamaan akibat begitu banyak program yang mengirimkan request
akan penggunaan harddisk tersebut.
Di sinilah proteksi
perangkat keras berperan. Sistem Operasi yang baik harus menyediakan proteksi
yang maksimal, sehingga apabila ada satu program yang tidak bekerja maka tidak
akan menggangu kinerja Sistem Operasi tersebut maupun program-program yang
sedang berjalan lainnya.
Selain itu, pada
operasi system computer, Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan
sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan
akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas
sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara
konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer
yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device
yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus
utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .
Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang
berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat
sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara
tak langsung juga
mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan
oleh sebuah bus controller atau
dikenal sebagai bus master . Bus master akan
mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari
satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini
disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan
nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah
program sederhana yang disimpan dalam ROM yang berbentuk chip CMOS
(Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS modern biasanya bertipe
EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori
non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus
dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS
(Basic Input Output System) . Bootstrap program utama, yang biasanya terletak
di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan
inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware
. Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem
operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi. Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt
dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu
signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan
system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software
karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini
juga sering disebut sebagai exception . Setiap interrupt terjadi, sekumpulan
kode yang dikenal sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan
tindakan yang akan diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan,
dapat dilakukan dengan dua cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa
satu demi satu perangkat yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan
cara menggunakan alamatalamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal
sebagai interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector
setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk
menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini
disimpan di tempat tertentu yang tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat
itu disimpan di stack bersama-sama dengan informasi state saat itu.
Sistem Komputer adalah elemen-elemen
yang terkait untuk menjalankansuatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat
lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras
(hardware). Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak
bias terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan
masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk
mencegahnya sebuahmemory controller ditambahkan untuk sinkronisasi
akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah
bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan
memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya
ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga
Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar